Rabu, 26 Oktober 2011

Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam Kesusastraan

Sastra adalah suatu tulisan yang memiliki makna seni atau keindahan tertentu. Di jaman sekarang, sastra sudah menjadi karya seni yang begitu banyak digunakan orang sebagai media penyaluran ekpresi mereka. contohnya antara lain : Novel, Cerita/cerpen (tertulis/lisan), Syair, Pantun, Sandiwara/drama, Lukisan/kaligrafi, dan lain-lain. selain penyalur bakat dan ekpresi seni seorang manusia, sastra juga berfungsi sebagai suatu teknik berkomunikasi antara manusia yang satu dengan manusia yang lain. Dengan demikian manusia dan bahasa pada hakekatnya adalah satu, kenyataan inilah mempermudah sastra untuk berkomunikasi.

Sastra yg didukung cerita yaitu sastra dimulai dengan cerita, sehingga dengan cerita orang lebih mudah mengemukakan gagasan-gagasannya. Dalam musik misalnya, kata-kata penciptanya tertelan oleh melodinya.

Dalam kesusasteraan Indonesia terdapat jenis prosa lama dan prosa baru, prosa lama meliputi : dongeng, hikayat, sejarah dll. Sedangkan prosa baru meliputi : cerpen, novel, biografi dll. Nilai-nilai dalam prosa fiksi adalah prosa dapat memberikan kesenangan, memberikan informasi, dan dapat memberikan wawasan cultural. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar